Thursday, August 11, 2016

Proses human resources planning


Proses human resources planning - Dalam melakukan aktivitas rencana SDM dibutuhkan satu sistem rencana SDM yang disebut satu sistem yang terus-terusan jalan sepanjang organisasi itu ada. Ada 5 fase sistem rencana SDM yang bisa di terangkan seperti berikut : 
Lima fase sistem rencana SDM 

Fase 1. mengidentifikasi gosip usaha utama 

Menghimpun data untuk pelajari serta mengerti semuanya segi lingkungan organisasi. Hal semacam ini bakal menolong organisasi berencana serta menghadapi gosip yang nampak dari keadaan yang stabil ataupun dinamis 
Segi lingkungan organisasi yang memengaruhi : 
lingkungan eksternal : ekonomi, sosial-politik- hukum, tehnologi, persaingan 
organisasional : beberapa gagasan strategik, biaya, forcast penjualan serta produksi, design organisasi serta pekerjaan, pelebaran usaha 
persediaan karyawan : pensiun, permintaan berhenti, pemberhentian, kematian 
Fase 2. memastikan implikasi SDM 

Tujuan fase 2 : 

Meningkatkan pemahaman yang pasti tentang bagaimana info yang dihasilkan fase 1 memengaruhi keinginan organisasi di saat yang bakal datang 
Meningkatkan deskripsi yang akurat tentang penawaran saat ini yang ada dengan cara internal 
Memprediksi keinginan SDM 

Dua grup teknik yang bisa dipakai : 

Peramalan berdasar pada pertimbangan : melibatkan pengalaman serta cara yang lebih umum manfaat memperkirakan keinginan SDM, yakni estimasi manajerial, teknik delphi, teknik grup nominal. 
Proyeksi statistik konvensional : regresi linear, ekstrapolasi, indeksasi, rasio produktivitas 
Yang lain : analisa biaya serta rencana, beberapa jenis computer, analisa usaha baru, analisa beban kerja, pendekatan normatif (susunan organisasi) 
Memprediksi penawaran SDM 

Bisa dipakai info yang datang dari sumber internal serta eksternal : 

Sumber internal : mengkalkulasi jumlah karyawan serta mengaudit untuk mengevaluasi kekuatan mereka secara keseluruhan baik itu kumpulan harga terbaru seputar biaya ia selama hidup. Cara yang digunakan inventarisasi SDM, bagan peletakan serta analisa markov 
Sumber eksternal : mengkaji pasar tenaga kerja. Juga butuh memerhatikan trend keadaan kependudukan serta sikap orang-orang pada perusahaan 
Fase 3. meningkatkan maksud serta tujuan SDM 

Melibatkan interpretasi info serta memakainya untuk mengambil keputusan prioritas, tujuan serta maksud 

Ada 2 type maksud : 

Maksud yang terkait dengan produtivitas serta gaji buruh dan menanggulangi permasalahan kekurangan atau keunggulan pegawai 
Maksud yang terkait dengan kebijakan-kebijakan dalam bagian kepegawaian yang menyangkut bebrapa masalah eksternal, terutama tentang pergantian dalam hukum perburuhan, ketentuan pemerintah atau pergantian sosial 
Fase 4. membuat serta melakukan kebijakan, program serta praktik SDM 

1. Merumuskan beragam alternatif program yang dikira sangat mungkin untuk meraih tujuan yang diputuskan dalam fase 3 

2. Pilih satu aktivitas yang terbaik di antara semuanya alternatif yang ada 

3. Mengintegrasikan semua aktivitas yang diambil dalam satu kerangka kerja yang utuh 

Fase 5. mengevaluasi, membuat revisi serta fokus kembali 

Memonitor fase-fase terdahulu serta memberi umpan balik untuk hasil yang dicapai 

Pelajari bisa meliputi beberapa hal tersebut : 

Ada seperangkat ukuran baku yang bisa jadikan tolok ukur yang memadai 
Ada alat-alat untuk memperbandingkan sebagian aktivitas serta akhirnya, manfaat peroleh data mengenai penyimpangan yang mungkin saja terjadi 
Ada saluran yang bisa dipakai untuk mengkomunikasikan penyimpangan serta penyebabnya, juga mengkomunikasikan aksi perbaikan

No comments:

Post a Comment